Bab menjelaskan ciri-ciri 'irob
-- الرفع --
-- الرفع --
لِلرَّفْعِ أَرْبَعُ عَلَامَاتٍ الضَّمَّةُ وَالْوَاوُ وَالْاَلِفُ وَالنُّوْنُ
Untuk 'irob rofa' ada lima ciri yaitu: dlommah ( ُ ), wawu (و), alif (ا), dan tetapnya nun (ن).
فَاَمَّا الضَّمَّةُ فَتَكُوْنَ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِيْ اَرْبَعَةِ مَوَاضِعَ فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ وَجَمْعِ التَّكْسِيْرِ وَجَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ وَالْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الَّذِيْ لَمْ يَتَّصِلْ بِآخِرِهِ شَيْءٌ
Adapun dlommah menjadi ciri 'irob rofa' di dalam 4 tempat yakni: isim mufrod, isim jama' mu-annats salim, dan fi'il mudlori' yang belum masuk apa pun di akhirnya.
وَاَمَّا الْوَاوُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِيْ مَوْضِعَيْنِ فِيْ جَمْعِ الْمُذَكَرِ السَالِمِ وَفِي الْاَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ نَحْوُ اَبُوْكَ وَاَخُوْكَ وَحَمُوْكِ وَفُوْكِ وَذُوْ مَالٍ
Adapun wawu menjadi ciri 'irob rofa' pada 2 tempat yakni: isim jama' mudzakkar salim dan isim lima. Isim lima seperti lafadz abuka artinya bapak kamu, akhuka (saudara kamu), hamuki (paman kamu), fuki (mulut kamu), dan dzu malin (pemilik harta).
وَاَمَّا الْاَلِفُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِيْ تَثْنِيَةِ الْاَسْمَاءِ خَاصَّةً
Adapun alif menjadi ciri 'irob rofa' hanya pada isim tatsniyah.
وَاَمَّا النُّوْنُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلرَّفْعِ فِي الْفِعْلِ المُضَارِعِ اِذَا اتَّصَلَ بِهِ ضَمِيْرُ تَثْنِيَةٍ اَوْ ضَمِيْرُ جَمْعٍ اَوْ ضَمِيْرُ الْمُؤَنَّثَةِ الْمُخَاطَبَةِ
Adapun tetapnya nun menjadi ciri 'irob rofa' pada fi'il mudlori' yang bertemu dengan wawu dlomir jama', alif dlomir tatsniyah, dan iya dlomir muannatsah mukhotobah.
-- النصب --
وَلِلنَّصْبِ خَمْسُ عَلَامَاتٍ اَلْفَتْحَةُ وَالْاَلِفُوَالكَسْرَةُ وَالْيَاءُ وَحَذْفُ النُوْنِ
Untuk 'irob nashab ada 5 ciri yaitu: fathah ( َ ), alif (ا), kasroh ( ِ ), ya (ي), dan membuang nun.
فَاَمَّا الْفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلنَصْبِ فِيْ ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ فِي الْاِسْمِ ٌالْمُفْرَدِ وَجَمْعِ التَكْسِيْرِ وَالْفِعْلِ الْمُضَارِعِ اِذَا دَخَلَ عَلَيْهِ نَاصِبٌ وَلَمْ يَتَصِلْ بِآخِرِهِ شَيْء
Adapun fathah menjadi ciri 'irob nashab di dalam 3 tempat yakni: isim mufrod, isim jama' taksir, dan fi'il mudlori' apabila masuk 'amil nashab dan akhir fi'il mudlori'nya belum bertemu dengan apapun.
وَاَمَّا الْاَلِفُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي الْاَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ نَحْوُ رَاَيْتُ اَبَاكَ وَاَخَاكَ وَمَا اَشْبَهَ ذَلِكَ
Adapun alif menjadi ciri 'irob nashab di dalam isim lima. Isim lima contohnya seperti lafad "roaitu abaaka wa akhooka" - artinya melihat saya kepada bapak kamu dan saudara kamu- dan lafadz-lafadz yang serupa dengan kedua contoh tersebut.
وَاَمَّا الْيَاءُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِي التَّثْنِيَةِ وَالْجَمْعِ
Adapun ya menjadi ciri 'irob nashab di dalam isim tatsniyah dan isim jama' mudzakkar salim.
وَاَمَّا الْكَسْرَةُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلنَّصْبِ فِيْ جَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ
Adapun kasroh menjadi ciri 'irob nashab di dalam isim jama' mu-annats salim.
وَاَمَّا حَذْفُ النُّوْنِ فَيَكُوْنُ عَلَامَةً لِلنَصْبِ فِي الْاَفْعَالِ الَّتِيْ رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّوْنِ
وَلِلْخَفْضِ ثَلَاثُ عَلَامَاتٍ الْكَسْرَةُ وَالْيَاءُ وَالْفَتْحَةُ
فَاَمَّا الْكَسْرَةُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِيْ ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ الْمُنْصَرِفِ وَجَمْعِ التَّكْسِيْرِ الْمُنْصَرِفِ وَجَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ
وَاَمَّا الْيَاءُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِيْ ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ فِي الْاَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ وَالتَّثْنِيَةِ وِالْجَمْعِ
وَاَمَّا الْفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي الْاِسْمِ الَّذِيْ لَا يَنْصَرِفُ
وَلِلْجَزْمِ عَلَامَتَانِ السُّكُوْنُ وَالْحَذْفُ
فَاَمَّا السُّكُوْنُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الصَّحِيْحِ الْآخِرِ
ِوَاَمَّا الْحَذْفُ فَيَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الْمُعْتَلِّ الْآخِرِ وَفِي الْاَفْعَالِ الَّتِيْ رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّوْن
Adapun membuang nun menjadi ciri 'irob nashab di dalam fi'il-fi'il yang ciri rofa'-nya dengan tetapnya nun.
-- الخفض --
وَلِلْخَفْضِ ثَلَاثُ عَلَامَاتٍ الْكَسْرَةُ وَالْيَاءُ وَالْفَتْحَةُ
Untuk 'irob jar ada 3 ciri yakni: kasroh ( ِ ), ya (ي), dan fathah ( َ ).
فَاَمَّا الْكَسْرَةُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِيْ ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ فِي الْاِسْمِ الْمُفْرَدِ الْمُنْصَرِفِ وَجَمْعِ التَّكْسِيْرِ الْمُنْصَرِفِ وَجَمْعِ الْمُؤَنَّثِ السَّالِمِ
Adapun kasroh menjadi ciri 'irob jar di dalam 3 tempat yakni: isim mufrod munshorif (isim mufrod yang menerima tanwin), isim jama' taksir munshorif, dan isim jama' mu-anats salim.
وَاَمَّا الْيَاءُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِيْ ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ فِي الْاَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ وَالتَّثْنِيَةِ وِالْجَمْعِ
Adapun ya menjadi ciri 'irob jar di dalam 3 tempat juga yakni: isim lima, isim tatsniyah, dan isim jama' mudzakkar salim.
وَاَمَّا الْفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْخَفْضِ فِي الْاِسْمِ الَّذِيْ لَا يَنْصَرِفُ
Adapun fathah menjadi ciri 'irbo jar di dalam isim yang tidak menerima tanwin (isim ghoir munshorif).
-- الجزم --
وَلِلْجَزْمِ عَلَامَتَانِ السُّكُوْنُ وَالْحَذْفُ
Untuk 'irob jazem ada dua ciri yakni: sukun dan membuang.
فَاَمَّا السُّكُوْنُ فَتَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الصَّحِيْحِ الْآخِرِ
Adapun sukun menjadi ciri 'irob jazem di dalam fi'il mudlori' yang shohih akhir.
ِوَاَمَّا الْحَذْفُ فَيَكُوْنُ عَلَامَةً لِلْجَزْمِ فِي الْفِعْلِ الْمُضَارِعِ الْمُعْتَلِّ الْآخِرِ وَفِي الْاَفْعَالِ الَّتِيْ رَفْعُهَا بِثَبَاتِ النُّوْن
Adapun membuang menjadi ciri jazem di dalam fi'il mudlori' yang mu'tal akhir (ada huruf 'illat di akhirnya) dan juga di dalam fi'il-fi'il yang ciri rofa'nya dengan tetapnya nun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar